Selasa, 23 Oktober 2012

Struktur Linux OS

Struktur Linux OS
  File adalah struktur dasar dari suatu sistem komputer yang berfungsi menyimpan data /informasi. Penamaan suatu file di unix umumnya dibatasi hingga 14 karakter panjangnya. Kecuali pada Barkeley Unix dan Linux yang dapat mencapai 256 karakter. Di Unix /Linux, suatu file secara internal ditandai dengan sebuah bilangan unik, yang dikenal dengan Inode . Karena mengingat angka lebih sulit dari pada mengingat huruf maka unix / linux memberikan pilihan penamaan file dengan huruf. Unix / Linux membagi file menjadi 3 kategori utama yaitu :   1. File Biasa
Ialah file yang digunakan untuk menyimpan data, program sumber, dokumen, grafik dan program obyek lainnya. File ini dibagi menjadi 4 bagian, yaitu :

  • File teks
  • Skrip shell
  • File executable ( binary )
  • File data ( yang telah dikodekan )    

2. Direktory
Adalah file yang berisi daftar nama dan bilangan inode dari masing-masing file.    

3. File special
Adalah file yang umumnya menyatakan suatu piranti fisik ( perangkat keras ), tetapi bisa juga berupa file-file yang berhubungan dengan komunikasi antar proses. Pada Unix / Linux perangkat keras ( harddisk, printer ) dinyatakan dalam  suatu file. File special ini dibagi menjadi 3 bagian :

  • File piranti blok ( block device )
  • File piranti karakter ( block device )
  • File pipa bernama (  named pipe )

Seluruh kumpulan file-file dalam Unix / Linux disebut system file. Sistem file Unix / Linux memiliki bentuk yang susunannya hirarki ( tree ) seperti bentuk pohon terbalik , dimana puncaknya bernama Root.Cabang-cabang dari root disebut dengan Direktory dan seterusnya. Simbol dari root adalah /. Root ini memiliki cabang yang disebut dengan directory standar, yang berarti nama-nama directory tersebut dikenal disemua system Unix/ Linux. Inilah pengertian dari struktur direktori linux. Berikut ini adalah bagian komposisi struktur direktori linux.

Struktur Linux OS

Berikut ini adalah direktori-direktori beserta kegunaannya yang ada pada system linux : "/" Adalah  direktori yang berguna untuk menampung seluruh file yang terdapat dalam system linux.
"/bin" Adalah direktori yang berisi  file-file yang dapat langsung dijalankan.
"/boot" Adalah direktori yang berisi file-file yang digunakan saat linux melakukan booting.
"/dev" Adalah direktori yang berisi file-file dari hardware yang dimiliki oleh computer
 
sebagai contoh : /dev/had ) adalah file dari harddisk ,  /dev/fd0 adalah file untuk floppy, dev/cdrom adalah file untuk cdrom pada computer.
 
"/etc" Adalah direktori yang berisi file-file yang digunakan untuk mengkonfigurasi linux. File-file ini biasanya merupakan file-file yang berbentuk script atau file-file dengan tipe text.
"/home" Adalah direktori yang digunakan untuk menyimpan semua direktori user
"/lib" Adalah direktori yang berisi file-file library yang diperlukan oleh program-program pada root direktori system linux. "/mnt" Adalah direktori yang berisikan direktori-direktori yang dapat anda gunakan untuk memounting device-device yang dimiliki oleh pc.

Contohnya floppy dan cdrom. Untuk jelasnya anda dapat melihat file fstab dan mtab pada direktori /etc yang merupakan file yang digunakan sebagai konfigurasi mounting device-device pada computer.
 

"/proc" Adalah direktori yang berisikan file-file buffer yang digunakan untuk menginformasikan proses-proses yang sedang berjalan pada system linux. 
"/root" Adalah direktori home untuk root.
"/sbin" Adalah direktori yang berisi file-file yang dijalankan oleh system linux.

"/ tmp" Adalah direktori yang berisi file-file sementara ( file-file yang diakibatkan oleh interrupt-interupt pada system linux ).
"/usr" Adalah direktori yang berisi file-file yang dapat dijalankan atau berorientasi untuk semua user.
"/var" Adalah direktori yang berisi file-file data yang dapat berubah-ubah saat linux sedang dalam proses.    

Home Directory
Home directory merupakan direktori tertentu yang diberikan kepada pemakai sebagai tempat penyimpanan file-file kepunyaan pemakai sendiri. Pada bagan yang telah digambarkan sebelumnya direktori /home adalah direktori yang berisi direktori-direktori pemakai yang merupakan Home directory . Struktur direktori dibawah Home directory merupakan wewenang dari pemakai yang bersangkutan.    

Current ( . ) & Parrent Directory ( .. )
Adalah direktori dimana kita pemakai sedang berada, sedangkan Parrent directory adalah direktori satu tingkat diatas Current directory. Setiap kali direktori baru tercipta, otomatis akan dibuatkan Current directory dan Parrent directory.

0 komentar:

Poskan Komentar

[Komen adalah silahturahim antar pengguna di dunia maya]

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Web Hosting Coupons